Hujan Untungkan Dovi

Terganggu Hujan, Dovizioso Tercepat
Sesi Latihan Grand Prix Prancis Dipendekkan

LE MANS – Sesi latihan Grand Prix Prancis di Sirkuit Le Mans menjadi latihan pertama dengan waktu yang dipanjangkan dari 45 menit jadi 60 menit. Tapi, kondisi itu tidak serta-merta membuat para pembalap mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk menemukan setelan terbaik. Kemarin (15/5) hujan yang mengguyur sirkuit sepanjang 1,485 km itu memaksa para rider masuk ke garasi lebih awal.

Ketika hujan turun, beberapa pembalap memaksakan diri ke lintasan dengan menggunakan ban basah. Tetapi, karena hujan semakin deras, mereka menyerah. Dari 1 jam latihan yang dijadwalkan, praktis hanya 35 menit yang terpakai.

Dalam sesi latihan tersebut, pembalap Repsol Honda Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat. Dia membukukan catatan waktu 1 menit 36,136 detik. Pembalap Ducati Marlboro Casey Stoner menjadi yang tercepat kedua dengan catatan 1 menit 36,194 detik. Posisi ketiga direbut pembalap tuan rumah Randy de Puniet dari LCR Honda yang membukukan 1 menit 36,293 detik.

Sukses Dovizioso kemarin menjadi bukti bahwa Honda punya kekuatan untuk berbicara di sirkuit dengan karakter stop and go tersebut. Seperti diketahui, musim lalu pembalap Repsol Honda lain, Dani Pedrosa, juga sukses merebut pole position. Meski, akhirnya pembalap mungil itu dikalahkan para rider Yamaha.

Yamaha yang musim lalu memborong tiga posisi podium kemarin tidak mampu menembus papan atas. Catatan waktu terbaik untuk Yamaha dibukukan oleh Valentino Rossi di urutan keenam, disusul rekan setimnya di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo. Marco Melandri dari tim Hayate kembali menunjukkan potensi menembus papan tengah bagian atas dengan membukukan waktu tercepat kedelapan.

Singkatnya sesi latihan karena hujan kemarin seolah menjawab kritik Stoner. Juara dunia 2007 tersebut sebelumnya menegaskan bahwa penambahan 15 menit waktu latihan bukan solusi tepat untuk memberikan kesempatan kepada pembalap menemukan setting terbaik. Sebab, ketika turun hujan, kesempatan pembalap langsung hilang.

Menurut dia, tetap ada sesi pagi dan siang saat Jumat merupakan solusi terbaik. Jika pagi hujan, masih ada harapan siang hari lintasan kering.

“Musim ini, masalah cuaca telah membuat banyak kendala. Ketika turun hujan, sulit bagi kami untuk mengeset yang kami butuhkan,” ucap Stoner sebagaimana dilansir Associated Press.

Sementara itu, paket elektronik baru dan perubahan struktur tim belum mampu mengangkat performa pembalap kedua Ducati Marlboro, Nicky Hayden. Pembalap Amerika Serikat tersebut terpuruk di urutan ke-15 alias keempat dari posisi paling buncit. (nar/ang)
69421large

%d bloggers like this: